selamat datang di BLOG UMAT ini-silakan ambil informasi yang dibutuhkan-terimakasih untuk komentar Anda-semoga berkah Allah selalu terlimpah kepada kita

Senin, 02 Juli 2012

Gebrakan di Awal Tahun: Workshop Pembuatan Silabus dan RPP Berkarakter

Menyambut tahun pelajaran 2012/2013, KKG PAI Kab. Gorontalo menyelenggarakan "Workshop Pembuatan Silabus dan RPP Bermuatan Karakter", Sabtu (30/6). Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas 6 pengawas PAI SD dan pengurus inti KKG PAI dari 17 kecamatan di kab. Gorontalo. Acara sehari ini dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Kabgor, Limboto.

Menurut Ketua KKG PAI SD Kabgor, Selviyanti Ransi Toma, M.Pd.I., kegiatan ini sebagai wujud dukungan terhadap gerakan pendidikan berkarakter yang dicanangkan pemerintah pada 20 Mei 2010. "Kami berkomitmen untuk mensupport pendidikan karakter bagi anak sekolah. Oleh karena itu kami berupaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP bermuatan karakter melalui workshop ini," demikian tandasnya, seperti dituturkan kepada surat kabar Gorontalo Post (2/7). 
Ia menambahkan, tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah adanya sinkronisasi ketentuan penyusunan silabus dan RPP PAI berkarakter antara Kemdikbud dan Kemenag. Seperti diketahui, bahwa GPAI di sekolah berada di bawah naungan kedua kementerian tersebut. Sedangkan tujuan yang lain adalah meningkatkan kemampuan GPAI dalam menyusun perangkat pembelajaran tersebut. 
Dukungan Kemenag
Hadir mewakili Kakankemenag Kabgor, Kasi Mapenda Irvan Ismail, S.Ag. membuka acara. Beliau memberi apresiasi terhadap kreatifitas KKG ini. "Kegiatan ini sesuai dengan misi Kemenag Kabgor untuk meningkatkan mutu pendidikan agama, sekaligus mendorong professionalitas guru dalam menyusun administrasi pembelajaran," demikian tegasnya.
Terkait dengan peningkatan peran lembaga profesi guru khususnya PAI, Kemenag Kabgor mendukung penuh upaya yang dilakukan. "Untuk kelancaran kegiatan, kami mengucurkan dana sebesar Rp. 7 juta untuk setiap KKG PAI SD dan MGMP PAI SMP dan SMA/SMK," demikian dikatakan pak Kasi Mapenda.
Antusiasme Peserta
Saat menyampaikan pengantar, Ketua KKG PAI Kabgor mengharapkan agar pengurus inti KKG kecamatan dapat mendeseminasikan hasil kegiatan kepada anggota-anggotanya. Oleh karena itu peserta terlihat serius memperhatikan materi yang disampaikan oleh pengawas Disdik Kabgor Drs. H. Abdul Razak Baiku dan Ketua Pokjawas Drs. H. Ramli Pioto. Di bawah bimbingan kedua pengawas tersebut, peserta melaksanakan workshop hingga pukul 17.00 WITA, molor dari jadwal yang seharusnya. Hal ini memperlihatkan keseriusan peserta karena melihat besarnya manfaat yang dipetik untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan di Kabgor melalui jalur PAI. "Saya sangat senang mengikuti acara ini. Ilmu yang saya dapatkan sangat berharga dan siap untuk menularkannya kepada teman-teman GPAI," demikian dikatakan Kadir Moowago, S.Ag dari kec. Telaga.
Bu Selvi juga mengaku memiliki semangat baru untuk mengundang lebih banyak lagi peserta pada kegiatan serupa di masa mendatang. Mengakhiri percakapan, Magister UIN Makassar ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, "Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gorontalo Post yang telah mempublikasikan kegiatan ini. Kami harap hubungan baik ini tetap terjalin dan terus bekerja sama dalam memajukan Kab. Gorontalo," ujarnya. Semoga!
Bravo KKG Kabgor....bravo KKG PAI SD Indonesia...bravo GPAI Indonesia...
@@@
Sumber : Gorontalo Post dan pengamatan langsung
Writted by : Tim Redaksi KKG PAI Kabgor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar