selamat datang di BLOG UMAT ini-silakan ambil informasi yang dibutuhkan-terimakasih untuk komentar Anda-semoga berkah Allah selalu terlimpah kepada kita

Senin, 02 Juli 2012

Apresiasi GPAI SD Tahun 2012

Pemerintah melalui Kemenag kembali akan memberikan apresiasi terhadap Guru PAI pada SD berprestasi. Berdasarkan juknis dari Kemenag, penghargaan akan diberikan kepada GPAI yang berhasil dalam pengembangan media pembelajaran/atau bahan ajar melalui
(1) pembuatan atau modifikasi media dan alat peraga; dan (2) penulisan/penyusunan bahan ajar PAI SD seperti buku teks pelajaran, buku pengayaan dan pedoman/pegangan guru.
Ketentuan
Lomba terbuka bagi seluruh GPAI SD baik PNS maupun non PNS, masih aktif mengajar, masa kerja minimal 8 tahun, beban mengajar minimal 24 jam, belum pernah mendapat hukuman disiplin dan melampirkan bukti prestasi.
Saat ini sosialisasi lomba ini sudah dilakukan melalui Kanwil Kemenag provinsi. Dokumen lomba diterima Panitia Pusat paling lambat 3 Agustus 2012. Setelah melalui proses penilaian, juara akan ditetapkan pada 5 September 2012 dan penganugerahan hadiah pada 25 November 2012 bertepatan dengan Hari Guru.
Pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan, piala Menteri Agama dan uang pembinaan.
Diharapkan melalui lomba ini terjadi peningkatan dalam pengembangan media pembelajaran PAI SD, peningkatan kompetensi guru dan peningkatan kinerja pengelolaan PAI SD.
Beberapa Tips
Lomba ini merupakan ajang pembuktian bagi GPAI SD di tingkat nasional tentang kreativitasnya dalam pengembangan bahan ajar. Alhamdulillah, penulis pernah dua kali memperoleh penghargaan lomba tingkat nasional, yakni lomba PTK (2009) dan kreasi model pembelajaran berbasis ICT (2010). Dari pengalaman tersebut ada sedikit tips mengikuti lomba semacam ini. 
Untuk pengembangan alat/media pembelajaran, Anda memilih salah satu KD yang membutuhkan alat peraga, kemudian kembangkan. Tulislah setiap detail dari filosofi, dasar ilmiah, tujuan, fungsi, dan cara mengoperasionalkannya. Susun dalam sebuah naskah. Tidak perlu ilmiah-ilmiah amat karena ini bukan PTK. Bila Panitia tidak menentukan layout penyusunan naskah, Anda bisa berimprovisasi yang penting dapat menggambarkan secara jelas alat peraga yang Anda kembangkan. Untuk jumlah halamanpun tidak ada ketentuan, Anda dapat menyusunnya dalam 25-50 halaman. 
Prinsip kehematan bahan, kepraktisan dalam penggunaan dan efektifitas dalam mempercepat siswa menguasai bahan belajar tetap harus diperhatikan. Buatlah dari bahan yang murah, lebih baik lagi dari limbah.
Sebagai persiapan, siapa tahu jalan Anda lurus sampai tahap berikut, pastikan Anda menguasai benar alat peraga yang dikembangkan. Jangan lupa untuk menyiapkan presentasi. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan PowerPoint. Buatlah secara sederhana, jangan terlalu over dalam penggunaan sound, animasi maupun template. Simplicity is beutiful.
Sedangkan untuk bahan ajar, Anda dapat mengajukan buku yang pernah Anda tulis. Lebih mudah bila mengajukan naskah yang Anda tulis sendiri, tetapi bila ditulis secara rombongan Anda harus mengkonfirmasikannya kepada Panitia. Tetapi Penulis doakan tetap bisa lolos karena ada nama Anda.
Ok, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang apresiasi KHUSUS GURU PAI SD silakan klik DI SINI (Juklak) dan DI SINI (Surat Edaran).

Info gupres untuk "kakak" tingkat :
1. Gupres SMP
2. Gupres SMA
3. Gupres SMK

 Selamat berjuang.
@@@
3 Ramadhan 1433 H
Written by Evi
Sumber : www.kemenag.go.id
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar